Inilah Sayuran Kaya Serat


Serat ialah zat dari masakan yang sangat penting bagi kesehatan, mengonsumsi masakan yang banyak mengandung serat mempunyai banyak manfaat, manfaat masakan berserat antara lain akan menghindarkan kita dari banyak sekali problem kesehatan menyerupai jantung, sembelit, kanker, diabetes , obesitas, dan racun.
Banyak masakan berserat yang sanggup kita jumpai. Serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Berikut ialah sayuran mengandung banyak serat yang gampang kita dapatkan :

Daun selada
Nama latin dari selada ialah lactuca sativa yang termasuk ke dalam keluarga asteraceae. Kandungan serat dalam selada sebanyak 0.6 gram per 100 gram bahan. Daun selada juga mengandung provitamin A (karotenoid), kalium, dan kalsium. Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten. Beberapa peneliti menemukan bahwa selada merah mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat baik.

Mentimun kecil ( timun/kyuri )
Mentimun sangat sering kita jumpai, tapi tahukah anda bahwa mentimun mempunyai kandungan serat sekitar 0.5 gram per 100 gram bahan. Mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi, selain itu mentimun mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta mineral menyerupai magnesium, kalium, mangan, dan silika. Masalah pada pencernaan menyerupai mag, gastritis keasaman, bahkan tukak sanggup disembuhkan dengan rutin mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari.

Seledri
Daun seledri mempunyai bahasa latin apium graveolens. Daun seledri mempunyai kandungan serat 1,5 gram per 100 gram bahan. Daun seledri mempunyai banyak kanduangan vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang sanggup dipakai untuk mencegah atau mengobati beberapa penyakit.

Pare
Pare mempunyai nama latin momordica charantia dan mengandung serat sebanyak 0.8 gram per 100 gram bahan. Pare mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Pare mempunyai kegunaan sebagai penambah nafsu makan, pencegah kehamiilan, penyembuh diabetes dan membantu penderita HIV- AIDS.

Akar ubi jalar
Kandungan serat dalam akar ubi jalar ialah sebanyak 0.8 gram per 100 gram bahan. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan ini menciptakan ubi jalar menjadi sebuah alat ampuh untuk melawan infeksi. Ubi jalar juga mengandung pati yang kompleks yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan energy.

Kembang kol dan brokoli
Kembang kol dan brokoli mengandung 0.9 gram per 100 gram bahan. Kembang kol juga banyak mengandung zat gizi lain yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya ialah provitamin A, vitamin C, vitamin E vitamin B1, vitamin B2, kalium, kalsium, yodium, dan fosfor. Berkhasiat mencegah penyakit kulit , mengobati penyakit pencernaan kronis, menghambat pertumbuhan tumor, membantu menghilangkan alcohol dalam darah, sebagai stimulant esterogen, serta mencegah kanker ussu dan lambung.


Paprika
Kandungan serat dalam paprika sangat tinggi, sekitar 1,3 gram per 100 gram bahan. Selain serat, paprika juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan silikon. Berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, memperbaiki kehalusan kulit, menurunkan kadar kolesterol darah, memperkuat sistem antibodi, dan mengatasi infeksi jalan masuk pencernaan.


Labu Kuning
Labu kuning mengandung serat tinggi dengan kadar 2,4 gram per 100 gram bahan. Zat gizi dalam labu kuning di antaranya vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan betakaroten. Labu kuning bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan mata, mengobati gangguan pada ginjal, mengatasi asam urat, mengobati oedema (pembengkakan, menyerupai adanya penumpukan cairan di bab kaki atau perut akhir busung lapar), mencegah kanker.


Wortel
Kandungan serat dalam wortel tergolong tinggi, yaitu 4 gram per 100 gram bahan. Wortel juga mengandung vitamin A,B, dan C; betakaroten; serta mineral kalium, magnesium, dan fosfor. Wortel bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan mata, memperlancar jalan masuk pencernaan, mencegah konstipasi, dan menjaga kesehatan hati.


Bayam
Bayam termasuk sayuran berserat tinggi dengan kadar 2,8 gram per 100 gram bahan. Bayam juga mengandung provitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan magnesium. Bayam bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan risiko serangan kanker, mencegah terjadinya diabetes millitus, menurunkan berat badan, dan menurunkan berat badan, dan menurunkan kolesterol darah.

Buncis
Buncis mangandung serat sebanyak 1,2 gram per 100 gram bahan. Sealin itu, buncis mengandung provitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalium, dan fosfor. Sayuran ini sanggup dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menstabilkan gula darah, mencegah kanker usus besar dan payudara, serta mengobati tukak lambung.


Sawi Hijau
Kandungan serat dalam sawi hijau sekitar 1,8 gram per 100 gram bahan. Selain serat, sawi hijau juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, fosfor, dan zat besi. Sawi hijau mempunyai kegunaan untuk mencegah kanker, membantu kesehatan sistem pencernaan, serta mencegah dan mengobati penyakit pelagra.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Sayuran Kaya Serat"

Posting Komentar