Inilah Mengobati Sakit Mata Pada Anak Balita Dan Pencegahannya


Beberapa waktu yang kemudian keponakan aku mengalami sakit mata, kasihan sekali melihat keponakan yang gres berumur sembilan bulan mengalami yang namanya sakit mata. Setelah diperiksa dokter ternyata keponakan aku terkena sakit mata yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Memang, ada beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh virus, tapi untungnya keponakan aku hanya terkena sakit mata yang disebabkan oleh kuman atau kuman. Dan kornea matanya tidak terluka, lantaran jikalau terluka maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lebih lama. Bagaimana sih sesungguhnya mengobati sakit mata pada anak balita ? berikut penjelasannya :

Sebelum menemukan obat yang tepat, beberapa kali abang aku ( ibu dari keponakan aku ) gonta ganti obat tetes mata. Pertama abang aku menggunakan obat dari dokter umum, tapi aku tidak tahu merek tetes mata tersebut. Setelah 2 hari tak kunjung sembuh kemudian abang aku meminta aku untuk membeli obat luar. Obat tetes mata tersebut ialah cendo xitrol. Tapi anehnya sakit mata pada keponakan aku tidak kunjung sembuh. Kemudian abang aku mulai pusing pala berbi, hehe. Kemudian kakak  aku bertanya kepada temannya mengenai obat apa yang sempurna untuk mengobati sakit mata pada anaknya. Temannya menyarankan obat tetes mata baquinor. Harganya tidak mengecewakan mahal juga sih sekitar 80 ribuan. Tapi tidak apalah yang penting keponakan aku sembuh. Setelah 2 hari menggunakan obat tetes mata tersebut, ada perubahan yang positif. Mata keponakan aku yang sebelumnya merah perlahan menjadi berkurang kemerahannya walaupun belum sembuh total. Mungkin ada yang ingin tau kandungan obat tetes mata baquinor. Baquinor mengandung Ciprofloxacin 3 mg/ mL. Kakak aku menggunakan 1 hingga 2 tetes tiap 4 jam. Saya tidak mau menjelaskan kandungannya soalnya nanti dikira promosi hehe. Ingat ya sebelum menggunakan obat ini pastikan diagnosa lab bahwa penyebab sakit mata ialah bakteri, bukan virus.

Mungkin ada yang ingin tau jenis nanah sakit mata. berikut ialah macam jenis nanah sakit mata :

Konjungtivitis kataralis. Jenis sakit mata ini disebabkan oleh virus, gejalanya ialah mata yang merah, mata mengeluarkan secret atau belek. Belek atau kotoran ini berupa cairan, jadi kotorannya diliat bener-bener ya. Jika kotoran yang muncul berwarna kuning kehijauan, ini disebut dengan konjungtivitis purulent. Konjungtivitis purulent ini disebabkan oleh kuman.

Konjungtivitis genokokal. Jenis sakit mata ini agak unik nih, uniknya lantaran penyebab sakit mata. Mau tau penyebabnya ? sama aku juga, hehe. Penyebabnya ialah cairan dari kelamin yang terkena mata. jadi ancaman kalo kencing kena mata orang lain, haha. Tapi jangan kuatir ya, lantaran tidak semua cairan kelamin yang dapat mengakibatkan sakit mata ini. Hanya cairan kelamin yang mengandung kuman neisseri gonorhoe yang dapat mengakibatkan sakit mata ini. Kaprikornus hati-hati ya kalau final pipis atau buang air.

Konjungtivitis vernalis. Nah kalau penyakit mata ini disebabkan oleh perubahan animo atau suhu, dapat juga lantaran alergi terhadap perubahan suhu. Gejalanya hampir sama dengan konjungtivitis yang lain ibarat mata merah dan mengeluarkan belek atau secret, tapi yang membedakan ialah secret atau beleknya tidak berwarna atau jernih. Sering-sering liat belek ya, hihi.

Konjunngtivitis flikten. Kalau yang ini termasuk jenis konjungtivitis yang parah. Ini disebabkan lantaran konjungtiva mempunyai flikten atau kumpulan sel-sel radang. Sel-sel radang tersebut disebabkan oleh nanah kuman atau jamur secara sistematik. Konjungtivitis ini biasanya mengenai kornea. Tau sendiri kan kalau sudah kena kornea mata, maka penyakit ini memerlukan penanganan serius. Saya tidak bercanda lo.

Tapi teman-teman semua, semua konjungtivitis dapat dicegah penularannya. Caranya :
  1. Sebelum dan sehabis anda membersihkan atau mengoles obat sakit mata, anda harus membersihkan atau mencuci tangan dengan benar dan bersih, lantaran tangan dapat menjangkau benda apa saja, ingat ya selalu basuh tangan dan budayakan selalu mencuci tangan.
  2. Tidak menyentuh mata yang sehat sehabis anda mengobati atau menangani mata yang sakit. Kenapa begitu ? ya dapat nular lah.
  3. Tidak mengunakan benda ibarat handuk sapu tangan atau baju secara bergantian dengan seseorang yang menderita konjungtivitis. Ini yang sangat perlu diperhatikan, lantaran kita sering melalaikannya.
  4. Jika anda sering menggunakan lensa kontak. Gunakan sesuai dengan petunjuk dari dokter anda dan pabrik pembuat lensa kontak tersebut. Jika anda belum pernah menggunakan lensa kontak sebelumnya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata sebelum anda menggunakan lensa kontak.



Demikian artikel Mengobati sakit mata pada anak balita dan pencegahannya biar bermanfaat ya teman-teman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Mengobati Sakit Mata Pada Anak Balita Dan Pencegahannya"

Posting Komentar