Inilah Cara Mencegah Rambut Rontok Yang Diakibatkan Banyak Faktor Dan Perawatannya


Kali ini saya akan mengulas ihwal rambut rontok. Rambut rontok sanggup disebabkan oleh banyak faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Kerontokan pada rambut sebagian besar dialami oleh laki-laki termasuk saya, haha. Meskipun bekerjsama banyak juga perempuan yang mengalami kerontokan pada rambut. Pada perempuan biasanya banyak kerontokan rambut banyak disebabkan oleh faktor eksternal, contohnya kerontokan disebabkan lantaran rambut sering dicatok, atau rambut sering dicat, atau sanggup lantaran terlalu banyak dilakukan hairstylish. Itu hanya sebagian kecil pola penyebab kerontokan rambut. Sebelum kita mengungkapkan bagaimana cara pengobatan rambut rontok, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab kerontokan rambut itu secara mendalam.

Penyebab kerontokan rambut :

Telogen Effluvium, sebagian besar dari kita mungkin belum tahu apa itu telogen effluvium. Telogen effluvium ialah sebuah gangguan kesehatan alopeisa, alopesia sendiri ialah suatu kondisi medis yang tanda-tandanya ialah rontoknya rambut dari kulit kepala. Alopesia tidak disebabkan oleh makanan, peredaran darah yang kurang baik atau ketombe, tetapi alopesia disebabkan oleh autoimun (system kekebalan badan yang melawan dirinya sendiri), dan atuoimun ini sendiri lantaran adanya faktor keturunan. Rambut pada kulit kepala kita biasanya tumbuh selama tiga tahun sebelum memasuki suatu fase istirahat yang dinamakan telogen. Dalam fase tersebut akar usang kelamaan akan mengalami pengerutan dan rambut akan lepas dari kulit. Pada kondisi telogen Effluvium, rambut terlalu cepat  memasuki fase istirahat (telogen). Akan tetapi kondisi ini sanggup dihindari dengan tidak menyikat rambut secara kasar.

Penyakit Kelenjar Tiroid, sanggup disebut juga dengan hiperteroid, hiperteroid sendiri ialah suatu kondisi pada kelenjar tiroid  melepaskan hormon-hormon yang berlebihan. Lantas apa relasi hiperteroid dengan kerontokan rambut atau kebotakan ? ada, ketika seseorang mengalami hiperteroid, seseorang tersebut akan mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut menimbulkan pertumbuhan sel-sel badan akan terganggu termasuk pertumbuhan folikel rambut. Hiperteroid juga melemahkan otot yang besar lengan berkuasa pada tidak lancarnya peredaran darah, sehingga asupan oksigen pada folikel rambut juga berkurang.

Defisiensi Zat Besi, biasa juga disebut dengan kekurangan zat besi. Tubuh kita memerlukan zat besi, begitu juga dengan rambut kita. Hubungan zat besi dan kerontokan rambut adalah, zat besi ialah zat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah inilah yang mengangkut oksigen ke rambut dan folikel rambut kita. Semakin banyak oksigen yang mengalir ke rambut kita maka kerontokan atau kebotakan akan berkurang. Makanlah sayuran yang banyak mengandung zat besi menyerupai bayam, jangan lupa minum susu segara juga.

Obat-obatan, banyak sekali obat-obatan yang menimbulkan kerontokan, salah satunya ialah obat yang digaunakan untuk kemoterapi. Obat-obatan tersebut sanggup menimbulkan kerontokan pada rambut sampai 90%. Selain obat kemoterapi, obat pil KB juga sanggup menimbulkan kerontokan, Pil KB yang mengandung kadar progestin yang tinggi juga sanggup menimbulkan kerontokan.

Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik, sering juga disebut dengan penyakit Lupus. Penyakit lupus ialah penyakit yang berafiliasi dengan system kekebalan tubuh. Pada seseorang yang mengidap penyakit Lupus. Ssstem kekebalan tubuhnya tidak berjalan dengan normal. System kekebalan tubuhnya menyerang tubuhnya sendiri atau autoimun. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa autoimun ini juga menyerang folikel rambut sehingga menimbulkan kerontokan rambut atau kebotakan.

Penyakit Sifilis Sekunder, sifilis disebabkan oleh basil spiral yang menyebar melalui kontak eksklusif dengan orang yang mempunyai luka yang disebabkan oleh sifilis. Pada tahap sekunder, sifilis menjadikan tanda ruam kulit dan lesi yang terdapat pada selaput lender. Ruam ini sanggup menciptakan jalan ke kulit kepala yang sanggup membentuk radang pada folikel rambut. Ruam inilah yang bertanggung jawab atas rontoknya rambut atau penyebab kebotakan itu sendiri.

Itu beberapa penyebab dari kerontokan rambut dan kebotakan. Lantas, bagaimana cara merawat rambut semoga selalu sehat dan tidak rontok ? berikut tipsnya :

Nutrisi Tubuh, penuhilah selalu nutrisi yang ada dalam badan anda dengan selalu makan-makanan yang bergizi terutama kuliner yang banyak mengandung zat besi, protein, dan mineral. Zat-zat ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut. Contoh makan yang banyak mengandung zat besi dan protein adalah, telur, kedelai, ikan, kacang-kacangan, sayuran, yogurt, susu, dan lain sebagainya.

Kondisioner, jagalah kesehatan rambut anda dari luar, dengan mengoleskan kondisioner pada rambut secara merata. Disarankan menggunakan kondisioner yang mengandung ginseng semoga rambut tetap sehat dan tidak gampang patah.

Sisir, gunakanlah sisir yang bergigi jarang pada rambut kepala anda. Penggunaan sisir yang bergigi jarang ini diharapkan tidak menunjukkan tekanan yang berlebih ketika menyisir rambut sehingga akar rambut dan folikel rambut sanggup terjaga kesehatannya.

Penggunaan Sampo, gunakanlah sampo herbal dan sampo lainnya yang benar-benar mempunyai kualitas dalam menjaga kesehatan rambut.

Hindari mencuci rambut dengan air panas, mencuci rambut dengan air panas sangat tidak dianjurkan lantaran sanggup merusak folikel rambut anda. Makara waktu anda berendam dengan air panas, usahakan menutup rambut anda dengan epilog rambut.

Hairdryer, penggunaan hairdryer untuk mengeringkan rambut sangat tidak dianjurkan. Bahkan kalau anda ingin menggunakan handunk untuk mengeringkan rambut anda. Ini dikarenakan hawa panas pada hairdryer yang sanggup merusak rambut. Lalu bagaimana dengan penggunaan handuk pada rambut ? handuk juga tidak perlu lantaran akan mengoyak rambut anda dan merusak akar rambut. Sebaiknya pengeringan rambut dilakukan dengan dianginkan saja. Jika anda tidak punya waktu untuk itu anda sanggup menggunakan handuk tapi dengan mengelap rambut dengan satu arah saja, missal kea rah depan saja atau arah belakang saja.

Gunakan hair tonic, gunakanlah hair tonic untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Sangat disarankan menggunakan hair tonic atau serum yang mengandung ginseng.

Hindari kafein, zat kafein yang sering terdapat pada minuman tidak baik untuk kesehatan rambut anda. Karena sanggup menghambat pertumbuhan pada rambut.

Hindari atau kurangi pemakaian gel rambut, sebaiknya kurangi pemakaian gel rambut spray rambut, pewarna rambut lantaran sanggup merusak rambut anda. Gunakanlah gel rambut yang terbuat dari materi alami.

Masker rambut, masker rambut sangat baik bagi rambut anda lantaran sanggup untuk perawatan rambut dan menambah nutrisi pada rambut. Gunakanlah masker rambut maksimal 3 kali semunggu.


Dokter, jika kerontokan rambut anda terus berlanjut, periksakanlah rambut anda ke dokter dermatologi semoga rambut anda mendapat penanganan yang terbaik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Cara Mencegah Rambut Rontok Yang Diakibatkan Banyak Faktor Dan Perawatannya"

Posting Komentar