Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Perempuan Hamil Serta Mencegah Penyakit Jantung


Pisang merupakan tanaman yang masih mempunyai relasi kekerabatan dengan keluarga tanaman anggrek. Pisang merupakan buah yang lezat, mengandung banyak nutrisi, harganya tidak mahal, dan gampang dijumpai di pasar. Buah pisang diperkirakan berasal dari tempat asia tenggara. Pisang mengalami perjalanan sejarah yang panjang, dimulai dari hutan asia tenggara sampai menjadi salah satu buah yang sangat popular di dunia. Para peneliti beropini bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan manusia, kemungkinan besar insan lebih dulu melaksanakan budidaya pada buah pisang dari pada budidaya padi. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi papua nugini. Bukti yang tertulis wacana keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari era ke-6 BC. Tulisan tersebut mengatakan bahwa buah tersebut telah mencapai india ketika itu. Pada awalnya pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa sekarang yaitu merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot di tahun 1836 di Jamaika.

kandungan nutrisi dalam buah pisang
Air (68%).
Gula (25%).
Protein (2%).
Lemak dan minyak (1%).
Serat selulosa.
Pati dan asam tannin.
Vitamin A (300 IU/100 g).
Vitamin B1, B2, B6, B12 (100mg / 100g).
Vitamin D.
Vitamin C.
Vitamin Z.
Kalsium (100mg / 100g).
Fosfor.
Besi.
Sodium.
Kalium (potassium).
Magnesium.
Seng.

Manfaat dan khasiat buah pisang

Meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan melawan infeksi.
Sebagai obat hipertensi (tekanan darah tinggi), kandungan kalium dalam pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan serat dalam pisang juga bisa mengikat lemak sehingga sanggup mencegah terbentuknya  plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

Mencegah penyakit jantung, pada pisang terdapat vitamin C dan Flavonoid yang bersifat antioksidan yang sanggup mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kalium yang terdapat pada pisang merupakan tonik yang baik untuk jantung. Serat pektin ikut kuat dalam membantu menurunkan kolesterol.

Kesehatan janin, perempuan yang sedang hamil disarankan makan pisang alasannya yaitu kandungan asam folat yang terkandung dalam pisang gampang diserap janin. Asam folat juga membantu pembentukan sel-sel gres dan mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin. Sebuah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Makan 2 buah pisang segar, sanggup memenuhi kebutuhan asam folat sekitar 58 mikrogram. Disamping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula dalam darah yang sanggup mengurangi terjadinya morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil. baca juga manfaat buah pir untuk ibu hamil

Mengatasi anemia (kurang darah), buah pisang juga mengandung banyak zat besi. Mengkonsumsi dua buah pisang per hari , cukup menciptakan penderita anemia menjadi sehat kembali. baca juga manfaat buah aprikot untuk kesehatan jantung dan mencegah anemia

Mengatasi gangguan pencernaan, buah pisang mempunyai khasiat antasida serta gampang dicerna sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap binatang uji coba, mengatakan bahwa binatang yang diberi makan pisang, dinding lambung binatang tersebut menjadi lebih kuat. Makara pilihlah pisang yang manis. Serat pada buah pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6 pada kandungan pisang sanggup meredakan  tanda-tanda diare.

Menurunkan berat badan, karbohidrat kompleks pada buah pisang tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastic, kadar lemaknya yang rendah menciptakan buah pisang kondusif untuk penerima jadwal penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng. Serat dalam pisang juga menurunkan berat tubuh alasannya yaitu dapat  melancarkan proses metabolisme.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Perempuan Hamil Serta Mencegah Penyakit Jantung"

Posting Komentar