Inilah Mengatasi Stress Jangka Panjang


Stress yakni salah satu penyakit yang sangat umum dikala ini. Stres didefinisikan sebagai cara badan untuk mengatasi tekanan dari dunia sekitar kita. Ketika berada dalam ancaman, badan merespon dengan mengeluarkan hormone katekolamin atau hormone stress. Hormon ini merangsang organ-organ utama yang memberi kesiapan bagi seseorang untuk melawan atau lari menghindari ancaman.

Ada dua jenis stress: stress jangka pendek dan stress jangka panjang. Stress jangka pendek mempunyai tanda-tanda menyerupai sakit kepala atau migren, sesak atau tegang pada kepingan pundak atau pundaj, mual atau pusing. Stress jangka panjang besar lengan berkuasa pada badan dengan dampak munculnya penyakit tertentu. Ini disebabkan lantaran system kekebalan badan menurun dikala mengalami stress dalam jangka panjang. Penyakit tersebut diantaranya yakni flu, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kanker, dan lainnya.

Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi lantaran stress yang terus menerus menghipnotis area otak yang dkperlukan untuk pembelajaran dan  memori, dan prosedur yang mendasari hal ini juga mungkin untuk disalahkan dalam penyakit yang lebih serius, menyerupai pasca traumatic stress disorder(PTSD) dan depresi berat.

Berikut yakni 9 tips mengatasi stress di daerah kerja :

1. Rencanakan dengan baik acara anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk menciptakan perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, planning harian).
2. Pastinya anda di masa kemudian pernah mengalami masalah-masalah di daerah kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang sanggup anda gunakan untuk mengatasi duduk kasus yang anda hadapi dikala ini.
3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
4. Pastikan anda mengerti terhadap kiprah dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.
6. Miliki perilaku toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang yakni eksklusif yang unik, sebagai referensi : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menuntaskan pekerjaannya.
7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
8. Pertahankan semangat tim anda, contohnya dengan melaksanakan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan menyerupai suara, ventilasi, cahaya dan suhu.
Disamping stress di daerah kerja, di kehidupan secara umum kita pun sanggup mengalami stress dengan beberapa alasan.
Berikut yakni 8 tips mengatasi stress dalam kehidupan :

1. Lakukan pemijitan badan (body massage), lantaran pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.
2. Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.
3. Lakukan hobi anda, menyerupai memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda sanggup juga melaksanakan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya menyerupai berarung teladas misalkan.
Melakukan kegiatan-kegiatan menyerupai ini sanggup menghilangkan pikiran yang mengakibatkan stress.
Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan badan kita dari kekurangan cairan, lantaran kekurangan cairan sanggup mengakibatkan keletihan.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang sanggup mengakibatkan stress.


4. Banyak perkiraan yang menyampaikan bahwa bir, anggur atau whiskey sanggup menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang sanggup menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang sanggup mengakibatkan kita relax dikala itu, tetapi sesudah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan anda di tengah malam.

5. Lakukan meditasi. Para jago kesehatan menyampaikan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress yakni meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melaksanakan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.

6. Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jikalau orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi masakan yang mengandung karbohidrat tinggi sanggup meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini sanggup menciptakan badan menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek.
7. Seks yakni penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Banyak dokter menyampaikan bahwa seks yakni cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.
8. Jika badan kita sedang lelah, tidak gampang bagi kita dalam mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan menghipnotis keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk lantaran kurang tidur mengakibatkan kita tidak sanggup berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Tidur yang baik bagi orang cukup umur yakni 7 jam sehari.

Demikian cara mengatas stress jangka panjang, supaya bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Mengatasi Stress Jangka Panjang"

Posting Komentar