Inilah Jumlah Kafein Yang Kondusif Bagi Tubuh


Kafein yakni senyawa alkaloid xantina yang berbentuk Kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretic ringan. Senyawa ini mensugesti system syaraf, meningkatkan tekanan darah dan menstimulasi jantung. Fungsi dan manfaat kafein antara lain yakni mempercapat daya piker, mencegah gigi berlubang, mengurangi sakit kepala, melegakan napas penderita asma, dan menangkal radikal bebas.

Berapa banyakkah jumlah kafein yang baik dan kondusif bagi badan ? Menurut Prescriber’s Letter, rata-rata orang sampaumur yang tidak mempunyai problem medis sanggup dengan amanmentoleransi hingga dengan 400 miligram kafein per hari. Secangkir kopi yang diseduh mengandung 120 miligram kafein. Kaprikornus 3 setengah cangkir kopi menjadi batas yang kondusif untuk orang sampaumur yang tidak mendapat kafein dari sumber lain.

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, minuman menyerupai teh, minuman ringan, makanan yang mengandung kafein dan obat-obatan, meskipun jumlah kafein dari sumber tersebut rendah. Jika anda sering mengkonsumsi minuman berenergi, sebaiknya tidak perlu minum kopi lagi, lantaran beberapa minuman berenergi mengandung kafein hingga 300 miligram.

Terlalau  banyak mengkonsumsi kafein mengakibatkan dampak yang berbahaya. Antara lain yakni :
1.   1. Keracunan
Tanda-tanda keracunan itu yakni gelisah, terlalu bersemangat, gemetar, detak jantung menjadi lebih cepat, frekuensi buang air meningkat, dan mengalami ganngguan pencernaan.
2.   2. Gangguan tidur
Dikarenakan kafein yakni sebagai stimulant pada system syaraf sentra dan system metabolik. Ini yang mengakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jika gangguan ini terus berlangsung, maka bias mengakibatkan gangguan dan perubahan contoh tidur.
3.   3. Kecanduan
Efek kecanduan ini akan terasa kalau pengkonsumsi kafein itu menghentikan konsumsi kafein secara langsung. Seseorang yang mengalami kecanduan akan mengalami sakit kepala, kebingungan, depresi, mual, dan bias juga kelelahan.
4.   4. Ulcer dan GERD
Ulcer yakni luka pada lambung dan kerongkongan yang disebabkan lantaran kelebihan konsumsi kafein dikarenakan lambung memproduksi asam tambahan. Refluks asam yang naik ke tenggorokan yang keluar dari lambung mengakibatkan acid reflux disease (GERD) yang sanggup mengakibatkan Maag.
5.   5. Penyakit jantung
Kafein yang hiperbola sanggup mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang kemudian dikaitkan dengan penyakit jantung dan peningkatan resiko serangan stroke. Resiko ini akan semakin besar kalau seseorang tersebut tidak menjaga contoh makan dan tidak menjaga pola hidup yangsehat.


Teh dan kopi instan biasanya mengandung kafein yang jauh lebih rendah dari pada kopi yang diseduh atau anda sanggup mencoba kopi tanpa kafein bila tetap ingin mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak. Semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Jumlah Kafein Yang Kondusif Bagi Tubuh"

Posting Komentar