Inilah Menjaga Kesehatan Otot


Otot ialah sebuah jaringan yang terdapat dalam badan insan dan binatang yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot yang sehat sangat diharapkan untuk menopang tubuh. Olahraga ialah salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot. Selain olahraga, asupan gizi yang baik dibutuhkan juga oleh tubuh, antara lain :
Vitamin C
Vitamin C akan membantu badan melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan menciptakan otot mendapatkan asupan nutris dan oksigen yang cukup. Selain itu vitamin C bisa menghasilkan kolagen yang membantu dalam pertumbuhan otot anda.

Vitamin B
Ada beberapa jenis vitamin B, dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan otot anda ialah vitamin B1, B2, B3, B6, B7, dan B12. Karena vitamin tersebut membantu proses metabolisme yang merubah makanan menjadi sumber energy.

Vitamin E
Banyak sumber makanan yang mengandung vitamin E menyerupai almond, biji wijen, dan bayam. Manfaat dari vitamin E itu sendiri ialah mengembalikan stamina badan dengan cepat sehabis beraktivitas fisik, sehingga kesehatan otot kita juga terjaga

Vitamin D
Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari ini bisa meningkatkan suasana hati, memperbaiki system kekebalan tubuh, menyehatkan otot, menjaga dan membantu otot untuk tetap sehat. Maka rajinlah bangkit pagi untuk mendapatkan vitamin ini.

Kalsium
Sebagian besar dari kita beranggapan bahwa kalsium hanya baik untuk tulang. Tetapi dapa kenyataanya kalsium juga dibutuhkan oleh otot. Banyak mengonsumsi susu dan sayuran hijau bisa menambah asupan kalsium dalam badan anda.

Magnesium
Magnesium bisa kita dapatkan dari konsumsi kacang almond kering, bayam, alpukat, pisang, kismis, dan kacang mede. Wanita yang sedang menstruasi harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium sebab jikalau kekurangan magnesium perempuan yang sedang menstruasi akan mengalami nyeri otot dan sakit pada perut.

Minyak ikan

Minyak ikan sangat ampuh untuk menurunkan inflamasi. Minyak ikan yang terdapat dalam ikan salmon ini kaya akan asam lemak omega 3 yang juga bisa  meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mempu mencegah penyakit diabetes.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Menjaga Kesehatan Otot"

Posting Komentar