Inilah Penuaan Dini


Dari dulu hingga kini penuaan dini ialah momok yang sangat angker terutama bagi kalangan wanita. Semua orang niscaya ingin selalu tampil abadi muda. Banyak orang melaksanakan banyak sekali cara supaya kondisi fisiknya terlihat 20 hingga 30 tahun lebih muda. Meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

Penuaan dini disebabkan oleh banyak sekali faktor baik internal maupun eksternal. Dari faktor internal, penuaan dini sanggup disebabkan adanya gangguan dari dalam tubuh, contohnya sakit berkepanjangan dan kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal terjadi lantaran sinar matahari, polusi, asap rokok, masakan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Beberapa faktor eksternal yang sanggup menjadikan penuaan dini pada kulit berikut penjeelasannya :

Polusi
Polusi dan radikal bebas sanggup menjadikan stress oksidatif pada kulit dan radikal bebas yang dihasilkan dari proses ini akan memicu terjadinya pemecahan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam dan gampang timbul keriput. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk membersihkan kulit setiap hari sehabis beraktivitas dan memperbanyak konsumsi antioksidan menyerupai vitamin C dan vitamin E.

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup menunjukkan efek signifikan bagi seseorang yang menderita  penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah saat sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. sinar ultraviolet A dengan gelombang panjang akan masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam dan  menjadi penyebab timbulnya keriput, pigmentasi dan bahkan kanker kulit. Gunakan selalu krim tabir surya meskipun anda jarang beraktivitas di luar.

Stress
Saat anda stress badan melepaskan hormone kortisol yang akan memicu pemecahan kolagen dan elastin. Cobalah atasi stress dengan berhenti sejenak dari rutinitas dan mulai melaksanakan kegiatan yang disukai supaya pikiran menjadi lebih tenang.

Kurang tidur
Kurang tidur sanggup menjadikan penuaan dini dengna 2 cara, yang pertama ialah proses regenerasi kulit yang biasa terjadi pada waktu tidur menjadi terganggu. Kedua, lantaran kurang tidur badan menjadi lelah sehingga anda akan cenderung mengabaikan perawatan kulit dan contoh makan juga tidak teratur sehingga berdampak negative pada kesehatan kulit. Jadi, usahakan tidur dan berdiri pada jam yang kurang lebih sama setiap harinya.

Kelembaban udara
Ternyata penuaan dini disebabkan oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Ini sanggup diatasi dengan cara  memakai pelembab yang sanggup mempertahankan kadar air di dalam kulit anda. Juga pakailah pelembab dan banyak minum air putih pada ruangan yang ber AC lantaran AC menciptakan kulit anda menjadi kering.

Produk perawatan tertentu
Beberapa produk perawatan kulit anti-aging sering mengandung retin-A, alcohol, asam glikolat yang sanggup menjadikan kulit menjadi kering kalau pemakainnya berlebihan. Gunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin E, vitamin C, asam hyaluronat untuk menjaga kulit tetap lembab.

Terlalu sering membersihkan wajah
Terlalu sering membersihkan wajah terlalu sering dengan sabun sanggup menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit secara alami. Akibatnya, kulit mengendur dan muncul kerutan sebelum waktunya. Bersihkanlah wajah anda secukupnya, satu hingga dua kali sehari.

Makanan manis
Kadar gula darah  yang tinggi akan menjadikan perubahan pada kolagen sehingga memudahkan timbulnya keriput pada kulit. Selain masakan manis, masakan dengan indeks glikemik yang tinggi menyerupai nasi putih dan roti juga memiliki imbas yang sama. Seimbangkan diet anda dengan mengonsumsi protein dan serat dari sayur dan buah-buahan.

Demikianlah klarifikasi wacana apa yang yang dihindari dan yang harus dilakukan supaya terhindar dari penuaan dini. Semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Penuaan Dini"

Posting Komentar